Jumat, September 05, 2008

Pertamina Akan Bagikan Kompor Gas UKM


WIRAYUDHA, (GM).-
Sales Representative Retail Elpiji PT Pertamina Unit Pemasaran (UPms) III Cabang Bandung, Lucky Pangemanan, menyatakan Pertamina rencananya akan mendistribusikan kompor gas khusus untuk para pelaku usaha kecil mikro (UKM), yaitu kompor gas high pressure.

Kompor gas untuk industri yang memiliki bentuk lebih besar dari kompor gas biasa ini, akan didistribusikan bersamaan dengan kompor dan tabung gas konversi di enam kecamatan di wilayah Kab. Bandung.

"Untuk permulaan, kami akan memulai mendistribusikan di enam kecamatan (Nagrek, Cicalengka, Cikancung, Ciwidey, Rancabali, dan Pasirjambu). Warga di enam kecamatan ini, selain mendapat kompor gas biasa, UKM-nya akan mendapat kompor high pressure," katanya kepada wartawan, seusai melakukan pertemuan dengan Komisi B DPRD Kab. Bandung di Aula PT Pertamina UPms III Cab. Bandung, Jln. Wirayudha, Kamis (4/9).

Dikatakan, sebelum dilakukan pembagian kompor high pressure, akan dilakukan pendataan UKM oleh pihak kelurahan dan kecamatan setempat. "Setelah dilakukan pendataan dan pencacahan, kami akan segera mendistribusikannya. Untuk kompornya sendiri saat ini sudah tersedia, tinggal dibagikan," paparnya.

Di tempat yang sama, Sales Representative Retail BBM, Zibali Hisbulmasih mengatakan, Pertamina akan terus melakukan operasi pasar (OP) minyak tanah ke sejumlah daerah yang belum memperoleh tabung dan kompor gas.

PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran (UPms) III Cabang Bandung juga menjanjikan, pada Oktober mendatang, distribusi tabung dan kompor gas sudah merata. Pada bulan tersebut diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang masih menggunakan kompor minyak tanah.

Segera didata

Sementara itu, Komisi B DPRD Kab. Bandung meminta agar Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) dan Perindag Kab. Bandung segera mendata usaha kecil mikro yang menggunakan minyak tanah. Hal tersebut berkaitan dengan akan didistribusikannya kompor high pressure dari Pertamina.

Anggota Komisi B DPRD Kab. Bandung, Tb. Raditya, Kamis (4/9) mengaku baru mengetahui Pertamina akan memberikan kompor gas khusus untuk UKM. "Hasil kunjungan kami ke kantor pemasaran Pertamina tadi (Kamis kemarin, red), mereka akan juga menyalurkan jenis kompor high peressure yang cocok untuk digunakan bagi para UKM," jelasnya.

Dikatakan, Pertamina hanya tinggal menunggu berapa jumlah UKM yang ada, sesuai pendataan dari pemerintah daerah. "Kompor khusus UKM tersebut akan disalurkan bersamaan dengan kompor untuk rumah tangga," paparnya.

Ditambahkan, spesifikasi kompor high pressure ini diharapkan akan cocok dengan usaha para UKM. Dengan demikian, mereka tidak lagi bergantung pada bahan bakar minyak tanah. "Sejalan dengan penarikan minyak tanah bersubsidi, mereka bisa segera beralih ke gas dan Pertamina sebagai penyalurnya telah mempersiapkan perangkatnya," ujar Raditya. (B.110/ B.89)**

Tidak ada komentar: